Rabu, 15 Mei 2013

TIPS MENGHAFAL NAMA TENSES BAGIAN II

Cara ini adalah cara ke dua atau tambahan dalam menghafal Nama Tenses.

Adik-adik pelajar, kalau kiriman yang lalu kakak sedikit memberikan 'Tips Menghafal Nama Tenses bagian ke-1", nah sekarang kakak akan memberikan cara yang sama bagian ke dua.

Pada bagian ke dua ini, kakak akan memberikan Tambahan Nama Tenses. Yang dimaksud di sini adalah Tenses Future. 

Untuk Future, berlaku keempat aspek yang telah disebutkan pada artikel sebelum ini. Artinya, adik-adik tetap menyebutkan satu persatu aspek-aspek itu untuk Future. Seperti , Future Simple, Future Continuous, Future Perfect dan Future Perfect Continuous.

Tambahannya adalah, ketika adik-adik menyebutkan Future Simple -misalnya-, silakan tambahkan SALAH SATU NAMA DURASI WAKTU INI, 'PAST' ATAU 'PRESENT'
Contoh ; Future Simple 'Past', atau 'Past' Future Simple ( kata 'Past' boleh diwalkan atau diakhirkan, ini hanya untuk memudahkan saja ).

Jika demikian halnya, maka adik-adik akan memiliki catatan seperti berikut ;
1. a. Past Future Simple
    b. Past Future Continuous
    c. Past Future Perfect
    d. Past Future Perfect Continuous

2. a. Present Future Simple
    b. Present Future Continuous
    c. Present Future Perfect
    d. Present Future Perfect Continuous.

Ayo, coba sebutkan nama 'Past', tambahkan nama 'Future', tambahkan pula nama 'Simple'. Begitu seterusnya sampai semuanya disebutkan. Mudah, bukan?

Itulah cara menghafal nama-nama tenses yang jika dijumlahkan, bagian ke satu dan ke dua ini, adik-adik sudah BISA MENYEBUTKAN 16 BUAH NAMA TENSES. Praktis dan cepat.

Kenapa harus menghafal Nama Tenses dulu?

Sebetulnya 'menghafal nama tenses ini' tidak begitu diharuskan. Karena sepanjang yang penulis ketahui, dalam belajar Bahasa Inggris, tergantung si pembelajar tujuan untuk 'kemampuan tulis-menulis' atau 'kemampuan berbicara'. Jika 'kemampuan berbicara' yang menjadi target, maka kebanyakan para ahli menganjurkan untuk 'tidak terfokus' terlalu banyak pada Grammar. Katanya, hal ini hanya akan melahirkan kegamangan saat akan mengutarakan lafal-lafal Bahasa Inggris, karena 'terikat aturan Grammar' alias TAKUT SALAH.

Tapi jika target belajar Bahasa Inggris ini untuk 'tulis menulis' atau writing skill, Grammar adalah faktor utama untuk 'tidak dicuekin'. Bahasa Inggris 'formal dan elegan' memerlukan kemampuan Grammar yang memadai. Pelajaran Bahasa Inggris yang diajarkan di sekolah-sekolah adalah kategori Formal dan Elegan.  Bahkan kemampuan berbicara pun akan teruji dan dinilai dengan seberapa 'baik dan benar' susunan kata-kata yang diucapkannya. Nah, dua sisi ini lah yang 'sering' membuat Bahasa Inggris menjadi momok para pelajar dan orang-orang yang mempelajarinya.

Jawaban singkat dari pertanyaan di atas adalah ; "Dengan mengetahui nama-nama tenses, maka akan memicu kita untuk mengetahui 'bentuk dan isi' dari masing-masing nama tenses tersebut".

Bagaiman 'Bentuk dan Isi' dari nama-nama tenses itu? Insya Allah, pada postingan berikutnya. Tunggu saja.

Selamat Belajar, yakinlah ANDA BISA DAN BERHASIL. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar